RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema : Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan Pagi Hari
(Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.1
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.1 Menuliskan
kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Memahami elemen musik
melalui lagu
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam
sebuah lagu
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
|
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah
lagu
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
Menerima simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.
2.1
Menerima sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”, di rumah.
|
1.1.1 Meyakini simbol-simbol sila-sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa, di rumah.
2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol
sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.
|
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
|
3.1.1
Menyebutkan rumusan bunyi
sila-sila Pancasila
|
4.1 Melakukan
kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.1 Melafalkan
bunyi sila-sila dalam Pancasila
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak gambar dan teks
yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata,
siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
2. Dengan mengerjakan lembar
kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan
tepat.
3. Melalui penjelasan guru, siswa
mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
4. Dengan mengikuti petunjuk
(contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
5. Dengan menyimak lagu dan
peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat
6. Dengan mengikuti petunjuk guru,
siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat
bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.
D. MATERI
·
Permainan
menyusun kartu huruf.
·
Bunyi
sila-sila pancasila.
·
Panjang
pendek bunyi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example