Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran ke 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke                   :  1
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.1  Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.1  Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam


Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.2          Memahami elemen musik melalui lagu

3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu

4.2   Menirukan elemen musik melalui lagu

4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu


Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.1  Menerima simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.

2.1   Menerima sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.

1.1.1 Meyakini simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.

2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.

3.1   Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

3.1.1  Menyebutkan rumusan bunyi  sila-sila  Pancasila

4.1   Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1.1  Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila


C.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
2.    Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
3.    Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
4.    Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
5.    Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat
6.    Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.

D.   MATERI
·         Permainan menyusun kartu huruf.
·         Bunyi sila-sila pancasila.
·         Panjang pendek bunyi.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/E57XR

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.