RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
|
3.3.1
Mengidentifikasi
gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
|
4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
|
4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui
tari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih
tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
|
3.1.3
Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat
membaca
3.1.4
Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
|
4.1
Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang)
dengan cara yang benar
|
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau
membalik halaman buku saat membaca
4.1.4 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh
disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
|
3.8.2
Menjelaskan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh
disentuh orang lain
|
4.8
Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak
boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
|
4.8.2
Menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh
disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
|
C. TUJUAN
- Dengan berdiskusi bersama teman, siswa dapat bertukar informasi tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
- Dengan bercerita, siswa dapat berbagi pengalamannya serta menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.
- Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang dan membalik buku serta membaca dengan pencahayaan yang benar.
- Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh sesuai irama lagu dengan hitungan.
D. MATERI
·
Mengenal Bagian-Bagian
Tubuh Yang Boleh dan Tidak Boleh Disentuh.
·
Cara Memegang dan
Membalik Buku Serta Membaca Dengan Pencahayaan yang Benar.
·
Menggerakkan Anggota
Tubuh Dengan Tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning