Free RPP Kelas I Tema Diriku Subtema Tubuhku Pembelajaran ke 4




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Satuan Pendidikan                  :
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                               :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                     :  4
Alokasi waktu                          :  1 Hari



A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
3.3.1      Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian

4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui tari.
     
Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.1  Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar

3.1.3  Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca

3.1.4  Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
4.1  Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar

4.1.3      Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau membalik halaman buku saat membaca

4.1.4      Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca

Muatan : PJOK

Kompetensi
Indikator
3.8  Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.

3.8.2  Menjelaskan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
4.8  Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian

4.8.2  Menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain



C.   TUJUAN
  1. Dengan berdiskusi bersama teman, siswa dapat bertukar informasi tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
  3. Dengan bercerita, siswa dapat berbagi pengalamannya serta menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.
  4. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang dan membalik buku serta membaca dengan pencahayaan yang benar.
  5. Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh sesuai irama lagu dengan hitungan.


D.   MATERI
·         Mengenal Bagian-Bagian Tubuh Yang Boleh dan Tidak Boleh Disentuh.
·         Cara Memegang dan Membalik Buku Serta Membaca Dengan Pencahayaan yang Benar.
·         Menggerakkan Anggota Tubuh Dengan Tarian.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example 
Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/y9hr5

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.