Free RPP Kelas I Tema Diriku Subtema Tubuhku Pembelajaran ke 3




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan                  :
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                               :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                     :  3
Alokasi waktu                          :  1 Hari



A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

3.1.5  Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan)

4.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

4.1.5  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)

Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.1  Menjelaskan  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar
3.1.3  Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca

3.1.4  Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
4.1  Mempraktikkan  kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) dengan benar
4.1.3      Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau membalik halaman buku saat membaca

4.1.4      Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca


C.   TUJUAN
  1. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
  2. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
  3. Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
  4. Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
  5. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.


D.   MATERI
·         Posisi dan Jarak yang Tepat Saat Duduk dan Membaca.
·         Mengenal Bilangan 1—10.
·         Berlatih Menunjukkan Lambang bilangan.
·         Menentukan Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/xCWEO

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.