RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak
anggota suatu kumpulan objek
|
3.1.5
Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang
tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan)
|
4.1 Menyajikan
bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota
kumpulan objek yang disajikan
|
4.1.5
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai
dengan 10)
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan kegiatan persiapan
membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,
cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke
kanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar
|
3.1.3 Menunjukkan
gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca
3.1.4
Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
|
4.1
Mempraktikkan kegiatan
persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan
buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri
ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan benar
|
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau
membalik halaman buku saat membaca
4.1.4 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca
|
C. TUJUAN
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
- Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
- Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
- Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
D. MATERI
·
Posisi dan Jarak yang
Tepat Saat Duduk dan Membaca.
·
Mengenal Bilangan 1—10.
·
Berlatih Menunjukkan
Lambang bilangan.
·
Menentukan Waktu yang
tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example