RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.1
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi
hari sebagai bagian dari peristiwa alam
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.1
Menjelaskan prosedur gerakan melempar sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubung-annya dalam permainan sederhana dan atau
tradisional
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.1 Mempraktikkan prosedur gerakan melempar sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
sederhana dan atau tradisional
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak penjelasan dan
contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan melempar
dengan tepat.
2. Melalui kegiatan praktik siswa
mampu melakukan gerakan melempar dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab siswa mampu
menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan lafal dan ejaan
yang tepat.
4. Dengan menggunakan kartu-kartu
huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan
tepat.
D. MATERI
·
Prosedur
gerakan melempar.
·
Menyusun
kata-kata melalui kartu-kartu huruf.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah