RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 02 Lebak Peniangan
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak
anggota suatu kumpulan obyek.
|
3.1.2
Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan
benda konkret
|
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan
|
4.1.2
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai
dengan 20)
|
3.2
Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun
lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1 Mengenal
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
4.2 Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.2 Menuliskan
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.1
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.1
Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari
peristiwa alam
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
Menerima simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.
2.1
Menerima sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”, di rumah.
|
1.1.1 Meyakini simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.
2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol
sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.
|
3.1
Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
3.1.2
Mengidentifikasi simbol-simbol yang ada dalam Pancasila
|
4.1 Melakukan
kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.2
Menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Paancasila
|
C. TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca siswa
mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
2. Melalui kegiatan menjiplak
siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
3. Melalui pengamatan dan
penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada
lambang negara Garuda Pancasila
4. Melalui permainan “Berburu
Harta Karun” siswa mampu menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
5. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar siswa dapat membilang 11
sampai dengan 20 secara urut dengan
tepat
6. Dengan menggunakan gambar dan
kartu bilangan siswa mampu
menunjukkan lambang bilangan 11 sampai
dengan 20 dengan tepat
7. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11
sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat
8. Dengan menggunakan lembar
latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan
tepat.
D. MATERI
·
Simbol
sila – sila Pancasila melalui permainan “Berburu Harta Karun”.
·
Membilang
11 – 20 secara urut.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example