Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran ke 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               : SDN 02 Lebak Peniangan 
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke                   :  3
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.1     Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

3.1.2  Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret

4.1     Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan

4.1.2  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)

3.2     Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya

3.2.1  Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat

4.2    Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu  kumpulan objek dengan ide nilai tempat

4.2.2  Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat



Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.1   Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.1   Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam



Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.1  Menerima simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.

2.1   Menerima sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.

1.1.1 Meyakini simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.

2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”, di rumah.

3.1    Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

3.1.2   Mengidentifikasi simbol-simbol yang ada dalam Pancasila
4.1    Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1.2   Menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Paancasila


C.   TUJUAN
1.    Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
2.    Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
3.    Melalui pengamatan dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara Garuda Pancasila
4.    Melalui permainan “Berburu Harta Karun” siswa mampu menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
5.    Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar  siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20 secara urut  dengan tepat
6.    Dengan menggunakan gambar dan kartu bilangan  siswa mampu menunjukkan  lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
7.    Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11 sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat
8.    Dengan menggunakan lembar latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.

D.   MATERI
·         Simbol sila – sila Pancasila melalui permainan “Berburu Harta Karun”.
·         Membilang 11 – 20 secara urut.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/n7CfZ

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.