Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran ke 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke                   :  5
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8    Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah

1.8.3  Menunjukkan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat

4.8    Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulisan

4.8.3  Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat


Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.1     Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

3.1.2  Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret

3.2     Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.1.2  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)

4.1     Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan


3.2.2 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.2     Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

4.2.2  Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat


C.   TUJUAN
  1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
  2. Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
  3. Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar  siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20 secara urut  dengan tepat.
  4. Dengan menggunakan gambar dan kartu bilangan  siswa mampu menunjukkan  lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
  5. Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11 sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat.
  6. Dengan menggunakan lembar latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
D.   MATERI
·         Ungkapan permintaan maaf.
·         Membilang angka 11 – 20 dengan tepat.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/aWGxN

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.