RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
1.8.3
Menunjukkan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat
|
4.8
Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulisan
|
4.8.3
Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak
anggota suatu kumpulan obyek.
|
3.1.2
Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan
benda konkret
|
3.2
Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara
membacanya.
|
4.1.2
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai
dengan 20)
|
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan
|
3.2.2 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20
dengan tepat
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
|
4.2.2 Menuliskan
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
C. TUJUAN
- Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
- Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
- Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20 secara urut dengan tepat.
- Dengan menggunakan gambar dan kartu bilangan siswa mampu menunjukkan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
- Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11 sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat.
- Dengan menggunakan lembar latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
D. MATERI
·
Ungkapan
permintaan maaf.
·
Membilang
angka 11 – 20 dengan tepat.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example