RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak
anggota suatu kumpulan obyek.
|
3.1.2
Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan
benda konkret
|
3.2 Menjelaskan
lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
|
1.1.2
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai
dengan 20)
|
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan
|
3.2.2 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20
dengan tepat.
|
4.2 Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu
kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
|
4.2.2 Menuliskan
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
3.8.3 Menunjukkan ungkapan permintaan tolong
lisan atau tulisan dengan tepat
|
4.8 Mengucapkan
ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulisan
|
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau
tulis dengan tepat
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
Menerima simbol-simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, di rumah.
2.1
Menerima sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”, di rumah.
|
1.1.1 Meyakini simbol-simbol sila-sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa, di rumah.
2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”, di rumah.
|
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
1.1.3
Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
4.1 Melakukan
kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.3
Menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
|
C. TUJUAN
1. Melalui penjelasan dan contoh
guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
2. Melalui kegiatan permainan
peran siswa mampu mengungkapkan permintaan tolong dengan tepat
3. Melalui diskusi yang dikaitkan
dengan kegiatan pagi hari siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan
tolong dengan tepat
4. Melalui tanya jawab siswa mampu
menceritakan pengalaman menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila
dengan tepat.
5. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar siswa dapat membilang 11
sampai dengan 20 secara urut dengan
tepat
6. Dengan menggunakan gambar dan
kartu bilangan siswa mampu
menunjukkan lambang bilangan 11 sampai
dengan 20 dengan tepat
7. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11
sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat
8. Dengan menggunakan lembar
latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan
tepat.
D. MATERI
·
Ungkapan
permintaan tolong.
·
Sikap
yang sesuai sila Pancasila.
·
Membilang
angka 11 – 20.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example