(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.2
Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata tentang kegiatan
pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.2 Membuat
kalimat sederhana tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa
siang dan malam
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.2
Menjelaskan prosedur gerakan memukul sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau radisional
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.2
Nenpraktikkan prosedur gerakan memukul sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau
tradisional
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
1.2.3
Membedakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu
|
4.1 Membuat
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
4.2.3 Memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak penjelasan dan
contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan memukul
dengan tepat.
2. Melalui kegiatan praktik siswa
mampu melakukan gerakan memukul dengan tepat.
3. Dengan memperhatikan contoh
dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang
terkait dengan tema
4. Melalui permainan merangkai
kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan
pagi hari.
5. Dengan menyimak penjelasan dan
contoh guru siswa mampu mengidentifikasi panjang pendek bunyi
6. Melalui bernyanyi siswa mampu
memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.
D. MATERI
·
Prosedur
gerakan memukul.
·
Menyusun
kalimat melalui permainan.
·
Panjang
pendek bunyi pada sebuah lagu.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example