Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke                   :  4
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.2  Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.2  Membuat kalimat sederhana tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam


Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.2  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.3.2  Menjelaskan prosedur gerakan memukul sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau radisional

4.3  Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.3.2  Nenpraktikkan prosedur gerakan memukul sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional


Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.1  Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi
1.2.3  Membedakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu

4.1     Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.2.3 Memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu



C.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan memukul dengan tepat.
2.    Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan memukul dengan tepat.
3.    Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan tema
4.    Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan pagi hari.
5.    Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi panjang pendek bunyi
6.    Melalui bernyanyi siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.

D.   MATERI
·         Prosedur gerakan memukul.
·         Menyusun kalimat melalui permainan.
·         Panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/tRjgV

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.