RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 02 Lebak Peniangan
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.4 Mengidentifikasi kosakata yang
berhubungan dengan siang hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam,
dengan tepat
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.4 Menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan
siang hari
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari
yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2 Melakukan
perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
|
4.2.40 Memeragakan kegiatan-kegiatan siang hari yang
sesuai dengan aturan di rumah
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Mengenal gerak cepat dan gerak lambat pada sebuah tari
|
3.3.1
Mengidentifikasi variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak
tari
|
4.3 Memeragakan
gerak cepat dan gerak lambat dalam sebuah tari
|
4.3.1
Memeragakan variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu tari
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak gambar dan
teks yang disampaikan oleh guru dan
permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata
tentang kegiatan siang hari dengan tepat
2. Dengan menggunakan kartu-kartu
huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
3. Melalui diskusi siswa mampu
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
4. Dengan bercerita siswa mampu
menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
5. Dengan memperhatikan contoh
yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah
tari.
6. Dengan mengikuti petunjuk guru,
siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.
D. MATERI
·
Menyusun
kartu huruf melalui permainan.
·
Kegiatan
yang sesuai dengan aturan rumah.
·
Gerak
cepat pada sebuah tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah