Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Siang Hari Pembelajaran ke 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               : SDN 02 Lebak Peniangan 
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                   :  1
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.4 Mengidentifikasi kosakata yang berhubungan dengan siang hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam, dengan tepat
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.4 Menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.40 Memeragakan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah


Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3   Mengenal gerak cepat dan gerak lambat pada sebuah tari

3.3.1  Mengidentifikasi variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

4.3   Memeragakan gerak cepat dan gerak lambat dalam sebuah tari
4.3.1  Memeragakan variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu tari


C.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak gambar dan teks  yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan siang hari dengan tepat
2.    Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
3.    Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.    Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.    Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah tari.
6.    Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.

D.   MATERI
·         Menyusun kartu huruf melalui permainan.
·         Kegiatan yang sesuai dengan aturan rumah.
·         Gerak cepat pada sebuah tarian.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/Accp6

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.