RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 02
Lebak Peniangan
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema : Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.4 mengidentifikasi kosakata yang
berhubungan dengan siang hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam,
dengan tepat
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.4 Menyusun
huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.3
Menjelaskan prosedur gerakan menendang sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
|
4.3.3 Mempraktikkan gerakan menendang sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan menendang dengan tepat.
- Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan menendang dengan tepat.
- Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
- Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan siang hari dengan tepat.
D. MATERI
Prosedur gerakan menendang.
Kosa kata yang berhubungan dengan siang hari melalui
tanya jawab.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah