Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 3





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  3
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKn
Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1  Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.3  Mengidentifikasi kebiasaan yang baik dilakukan pada malam hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.3 Menunjukkan perilaku yang baik di malam hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

3.4.2  Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan (bilangan 11 sampai dengan 20)

3.4.6  Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.

4.4   Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

4.4.1  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.9  Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.9  Membaca dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita


C.   TUJUAN
  • Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
  • Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
  • Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
  • Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan malam hari.
  • Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari  yang sesuai dengan aturan di rumah.
  • Dengan menyampaikan pendapat berdasarkan gambar/situasi yang diamati  siswa mampu menunjukkan kebiasaan baik yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
  • Dengan mengamati contoh dalam kehidupan sehari-hari siswa mampu mengidentifikasi konsep penjumlahan dengan tepat (bilangan 11 sampai dengan 20)
  • Melalui latihan soal dan dengan menggunakan media hitung berupa benda konkret siswa mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.

D.   MATERI
Menyusun kalimat-kalimat yang berhubungan dengan kegiatan malam hari.
Konsep penjumlahan bilangan 11 – 20.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/GY0st

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.