RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM
2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan :
PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1
Mematuhi aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2
Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.3
Mengidentifikasi kebiasaan yang baik dilakukan pada malam hari yang
sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2
Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
4.2.3 Menunjukkan perilaku yang baik di malam
hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.4.2 Mengidentifikasi
masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan (bilangan 11 sampai dengan
20)
3.4.6
Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan
teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.
|
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99
|
4.4.1
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.9
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.9 Membaca
dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
C. TUJUAN
- Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
- Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
- Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
- Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan malam hari.
- Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
- Dengan menyampaikan pendapat berdasarkan gambar/situasi yang diamati siswa mampu menunjukkan kebiasaan baik yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
- Dengan mengamati contoh dalam kehidupan sehari-hari siswa mampu mengidentifikasi konsep penjumlahan dengan tepat (bilangan 11 sampai dengan 20)
- Melalui latihan soal dan dengan menggunakan media hitung berupa benda konkret siswa mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.
D. MATERI
Menyusun kalimat-kalimat yang berhubungan dengan kegiatan
malam hari.
Konsep penjumlahan bilangan 11 – 20.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah