Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 2





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  2
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.3  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.

4.3   Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.3.5  mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.9  Menunjukkan kosakata tentang
kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
4.7.9  Membaca dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita

C.   TUJUAN
  • Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan memantulkan dengan tepat.
  • Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan memantulkan dengan tepat.
  • Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari
  • Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
  • Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan malam hari.
  • Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan benar.

D.   MATERI
Prosedur memantulkan dengan tepat.
Permainan menyusun kata yang berhubungan dengan malam hari.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example 
      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/j9goP

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.