RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.5
mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.9 Menunjukkan kosakata
tentang
kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam
hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.9 Membaca
dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan memantulkan dengan tepat.
- Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan memantulkan dengan tepat.
- Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari
- Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
- Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan malam hari.
- Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan benar.
D. MATERI
Prosedur memantulkan dengan tepat.
Permainan menyusun kata yang berhubungan dengan malam hari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah