RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM
2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami bahan alam dalam berkarya
|
3.4.1
Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan (biji-bijian) dalam membuat
karya kerajinan
|
4.4 Membuat
karya dari bahan alam
|
4.4.1 Membuat
karya kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.5 mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan
atau tradisional
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.9
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam
dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.9 Membaca
dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak memantulkan sebagai bagian dari gerak manipulatif, dengan tepat.
- Melalui permainan siswa mampu mempraktikkan gerakan memantulkan sebagai bagian dari gerakan manipulatif, dengan benar.
- Dengan permainan catur kata siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan malam hari
- Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan malam hari.
- Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam berupa biji-bijian dalam membuat karya kerajinan.
- Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kerajinan dengan bahan biji-bijian.
- Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan alam berupa biji-bijian.
- Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan yang menggunakan bahan alam berupa biji-bijian.
D. MATERI
Gerak manipulatif dan permainan catur
Karya kerajinan dari biji-bijian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah