Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  4
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3  Memahami bahan alam dalam berkarya

3.4.1  Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan (biji-bijian) dalam membuat karya kerajinan

4.4    Membuat karya dari bahan alam
4.4.1  Membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan


Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.3  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.3.5 Menjelaskan prosedur gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3  Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.3.5 mempraktikkan gerakan memantulkan sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.9  Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.9  Membaca dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita


C.   TUJUAN
  • Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak memantulkan sebagai bagian dari gerak manipulatif, dengan tepat.
  • Melalui permainan siswa mampu mempraktikkan gerakan memantulkan sebagai bagian dari gerakan manipulatif, dengan benar.
  • Dengan permainan catur kata siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan malam hari
  • Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan malam hari.
  • Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam berupa biji-bijian dalam membuat karya kerajinan.
  • Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kerajinan dengan bahan biji-bijian.
  • Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan alam berupa biji-bijian.
  • Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan yang menggunakan bahan alam berupa biji-bijian.

D.   MATERI
Gerak manipulatif dan permainan catur
Karya kerajinan dari biji-bijian.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/D9SW6

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.