RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
3.1.9 Mengidentifikasi kolase dari kertas
sebagai karya ekspresi 2 dimensi (meliputi ide, tema, obyek, dan komposisi)
3.1.10 mengidentifikasi alat dan bahan serta
penggunaannya untuk membuat karya kolase kertas
3.1.11 Mengidentifikasi cara pembuatan
kolase dari kertas.
|
4.1 Membuat
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
4.1.9 Menentukan
ide, tema, dan obyek untuk membuat karya 2 dimensi dengan teknik kolase
4.1.10 Menyiapkan alat dan bahan dan menggunakannya
untuk membuat karya kolase 2 dimensi
4.1.11 Membuat karya kolase 2 dimensi
sesuai ide, tema, obyek yang telah dipilih/ditentukan
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7. 7
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.8 Mengidentifikasi
kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian
dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.7 Menuliskan
kosa kata-kosa kata terkait kegiatan sore hari dengan benar.
4.7.8
Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun
kalimat/cerita
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Memahami
prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.3.4
Menjelaskan prosedur gerakan menangkap sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dengan
permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.4 Mempraktikkan gerakan menangkap sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dengan
permainan sederhana dan atau tradisional
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak menangkap sebagai bagian dari gerak manipulatif dengan tepat.
- Melalui permainan kasti siswa mampu mempraktikkan gerakan menangkap sebagai bagian dari gerakan manipulatif, dengan benar.
- Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore hari
- Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari.
- Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
- Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kolase.
- Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
- Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
- Setelah merancang pembuatan kolase, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
- Setelah menyiapkan alat dan bahan, siswa mampu membuat karya kolase sesuai rancangan yang telah dilakukan.
D. MATERI
Mengidentifikasi dan mempraktikkan gerakan menangkap
melalui permainan kasti.
Permainan merangkai kalimat
Pembuatan kolase dari kertas.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah