Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Sore Hari Pembelajaran ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
 Tema                                     :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke                   :  4
Alokasi waktu                       :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: SBdP
Kompetensi
Indikator
3.1   Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.1.9 Mengidentifikasi kolase dari kertas sebagai karya ekspresi 2 dimensi (meliputi ide, tema, obyek, dan komposisi)

3.1.10 mengidentifikasi alat dan bahan serta penggunaannya untuk membuat karya kolase kertas

3.1.11 Mengidentifikasi cara pembuatan
kolase dari kertas.

4.1   Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

4.1.9  Menentukan ide, tema, dan obyek untuk membuat karya 2 dimensi dengan teknik kolase
4.1.10 Menyiapkan alat dan bahan dan menggunakannya untuk membuat karya kolase 2 dimensi

4.1.11 Membuat karya kolase 2 dimensi
sesuai ide, tema, obyek yang telah dipilih/ditentukan


Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.7    Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7. 7  Menunjukkan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.8   Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.7  Menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan sore hari dengan benar.

4.7.8  Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita


Muatan : PJOK
Kompetensi
Indikator
3.2  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.3.4  Menjelaskan prosedur gerakan menangkap sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dengan
permainan sederhana dan atau tradisional
4.3  Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.3.4 Mempraktikkan gerakan menangkap sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dengan
permainan sederhana dan atau tradisional

C.   TUJUAN
  1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak menangkap sebagai bagian dari gerak manipulatif dengan tepat.
  2. Melalui permainan kasti siswa mampu mempraktikkan gerakan menangkap sebagai bagian dari gerakan manipulatif, dengan benar.
  3. Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore hari
  4. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari.
  5. Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
  6. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kolase.
  7. Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
  8. Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
  9. Setelah merancang pembuatan kolase, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
  10. Setelah menyiapkan alat dan bahan, siswa mampu membuat karya kolase sesuai rancangan yang telah dilakukan.

D.   MATERI
Mengidentifikasi dan mempraktikkan gerakan menangkap melalui permainan kasti.
Permainan merangkai kalimat
Pembuatan kolase dari kertas.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/LNGiF

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.