Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Sore Hari Pembelajaran ke 5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :   Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke                   :  5
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

1.7.8  Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

3.7.8  Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3    Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

3.3.2 Membandingkan banyak dua kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak

3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11-20)

4.3   Mengurutkan bilangan-bilangan  sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

4.3.2  Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.

4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11-20




C.   TUJUAN
  • Dengan menghitung benda-benda konkret yag ada di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
  • Setelah mengidentifikasi mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak siswa mampu mengidentifikasi lambang bilangan yang lebih besar, lebih kecil, dan sama besar.
  • Dengan menghitung sendiri kumpulan benda-benda konkret siswa mampu menentukan mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
  • Setelah mampu menentukan mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak, siswa mampu menentukan lambang bilangan yang lebih besar, lebih kecil, dan sama besar berdasarkan kumpulan benda yang dihitungnya.
  • Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari.
  • Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang berhubungan dengan sore hari.

D.   MATERI
Mennghitung benda-benda konkret.
Mengidentifikasi kalimat.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/FkAFP

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.