RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema :
Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
1.7.8
Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan
sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
3.7.8
Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun
kalimat/cerita
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.2 Membandingkan banyak dua kelompok benda
dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak
3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah
lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11-20)
|
4.3 Mengurutkan
bilangan-bilangan sampai dua angka
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan
menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
4.3.2
Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.
4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan
sama dengan secara tepat pada bilangan 11-20
|
C. TUJUAN
- Dengan menghitung benda-benda konkret yag ada di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
- Setelah mengidentifikasi mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak siswa mampu mengidentifikasi lambang bilangan yang lebih besar, lebih kecil, dan sama besar.
- Dengan menghitung sendiri kumpulan benda-benda konkret siswa mampu menentukan mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
- Setelah mampu menentukan mana kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak, siswa mampu menentukan lambang bilangan yang lebih besar, lebih kecil, dan sama besar berdasarkan kumpulan benda yang dihitungnya.
- Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari.
- Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang berhubungan dengan sore hari.
D. MATERI
Mennghitung benda-benda konkret.
Mengidentifikasi kalimat.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah