Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Sore Hari Pembelajaran ke 3





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke                   :  3
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika
Kompetensi
Indikator
3.3    Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

3.3.2  Membandingkan banyak dua kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak

3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)

4.3   Mengurutkan bilangan-bilangan  sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

4.3.2  Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.

4.3.6  Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat untuk membandingkan 2 bilangan (11 sampai 20)

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.2.1 Menganut  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.1 Menerapkan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.41 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang baik di  sore hari  sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.41  Menunjukkan kegiatan –kegiatan yang baik di sore hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.8   Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwasiang dan malam dengan tepat.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.8 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita

C.   TUJUAN
1.    Melalui kegiatan membaca siswa mampu memahami kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
2.    Melalui kegiatan membaca siswa mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
3.    Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari  yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.    Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
5.    Dengan menyimak penjelasan guru dengan menggunakan benda-benda konkret siswa mampu mengidentifikasi perbedaan  banyaknya kumpulan benda-benda tersebut.
6.    Dengan menghitung sendiri menggunakan benda-benda konkret siswa mampu membandingkan banyaknya satu kumpulan benda dengan kumpulan benda lainnya dan menentukan mana yang lebih banyak, mana yang lebih sedikit, dan mana yang sama.
7.    Setelah membandingkan berdasarkan banyaknya kumpulan benda konkret siswa mampu membandingkan  berdasarkan lambang bilangannya mana yang lebih dari, kurang dari, atau sama dengan.
8.    Melalui lembar latihan soal siswa mampu menentukan nama bilangan sesuai dengan lambang bilangannya dengan tepat.

D.   MATERI
  • Melengkapi kalimat rumpang.
  • Kegiatan-kegiatan sore hari.
  • Menentukan lambang bilangan melalui latihan soal.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/HeAfu

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.