(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.2
Membandingkan banyak dua kelompok benda dengan istilah lebih banyak,
lebih sedikit atau sama banyak
3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah
lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)
|
4.3 Mengurutkan
bilangan-bilangan sampai dua angka
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan
menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
4.3.2
Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.
4.3.6
Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara
tepat untuk membandingkan 2 bilangan (11 sampai 20)
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan perbuatan yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.1 Mengikuti aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 Menerapkan perbuatan
yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.41 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang
baik di sore hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
|
4.2.41
Menunjukkan kegiatan –kegiatan yang baik di sore hari sesuai dengan
aturan yang berlaku di rumah
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.8
Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan
sore hari sebagai bagian dari peristiwasiang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.8 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari
dalam menyusun kalimat/cerita
|
C. TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca siswa
mampu memahami kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan
kegiatan sore hari dengan tepat.
2. Melalui kegiatan membaca siswa
mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan
sore hari dengan tepat.
3. Melalui penjelasan guru dan
diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4. Dengan bercerita, siswa mampu
menunjukkan kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
5. Dengan menyimak penjelasan guru
dengan menggunakan benda-benda konkret siswa mampu mengidentifikasi
perbedaan banyaknya kumpulan benda-benda
tersebut.
6. Dengan menghitung sendiri
menggunakan benda-benda konkret siswa mampu membandingkan banyaknya satu
kumpulan benda dengan kumpulan benda lainnya dan menentukan mana yang lebih
banyak, mana yang lebih sedikit, dan mana yang sama.
7. Setelah membandingkan berdasarkan
banyaknya kumpulan benda konkret siswa mampu membandingkan berdasarkan lambang bilangannya mana yang
lebih dari, kurang dari, atau sama dengan.
8. Melalui lembar latihan soal
siswa mampu menentukan nama bilangan sesuai dengan lambang bilangannya dengan tepat.
D. MATERI
- Melengkapi kalimat rumpang.
- Kegiatan-kegiatan sore hari.
- Menentukan lambang bilangan melalui latihan soal.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example