RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema :
Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.6 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan
kosa kata yang berhubungan dengan siang hari
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.6 Menyusun kalimat dari kosa kata terkait dengan
kegiatan siang hari
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara
membacanya.
|
3.2.9
Menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua
angka (11 sampai dengan 20) dengan satuan benda konkret
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
|
4.2.9
Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20)
sesuai dengan nilai tempat.
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak penjelasan guru
menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa mampu mengidentifikasi nilai
tempat bilangan 11 sampai dengan 20
dengan tepat.
2. Dengan menggunakan papan tabel
nilai tempat siswa mampu menentukan nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20
dan menuliskannya dengan benar.
3. Melalui penjelasan guru siswa
mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan
dengan siang hari.
4. Setelah mengidentifikasi siswa
mampu membuat cerita lisan yang berisi kalimat yang berhubungan dengan siang
hari.
D. MATERI
·
Nilai
tempat bilangan 11 – 20 menggunakan papan tabel nilai.
·
Membuat
cerita lisan dengan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah