Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Siang Hari Pembelajaran ke 5





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :   Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                   :  5
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.6 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.6 Menyusun kalimat dari kosa kata terkait dengan kegiatan siang hari

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.2     Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

3.2.9  Menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20) dengan satuan benda konkret
4.2     Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

4.2.9  Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20) sesuai dengan nilai tempat.


C.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak penjelasan guru menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa mampu mengidentifikasi nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20  dengan tepat.
2.    Dengan menggunakan papan tabel nilai tempat siswa mampu menentukan nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20 dan menuliskannya dengan benar.
3.    Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari.
4.    Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita lisan yang berisi kalimat yang berhubungan dengan siang hari.

D.   MATERI
·         Nilai tempat bilangan 11 – 20 menggunakan papan tabel nilai.
·         Membuat cerita lisan dengan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/jHqbb

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.