Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Siang Hari Pembelajaran ke 6





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                  :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                   :  6
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.2  Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

3.2.9  Menentukan nilai tempat satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) dengan batuan benda konkret
4.2   Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

4.2.2  Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) sesuai dengan nilai tempat.

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8   Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah

3.8.7 Menunjukkan ungkapan perintah lisan atau tulis dengan tepat
4.8   Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulisan
4.8.7 Menggunakan ungkapan perintah lisan atau tulis dengan tepat

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai aturan di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.40 Menerapkan kegiatan-kegiatan  siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah

C.   TUJUAN
  1. Melalui penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah yang menggunakan bahasa yang santun baik lisan atau tulis.
  2. Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan bahasa yang santun baik lisan atau tulis dengan tepat.
  3. Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
  4. Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah.
  5. Dengan menyimak penjelasan guru menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa mampu mengidentifikasi nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20  dengan tepat.
  6. Dengan menggunakan papan tabel nilai tempat siswa mampu menentukan nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20 dan menuliskannya dengan benar.

D.   MATERI
  • Ungkapan perintah melalui permainan peran.
  • Bercerita tentang kegiatan-kegiatan siang hari.
  • Menentukan nilai tempat bilangan 11 – 20 dan menulisnya dengan benar.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/976pt

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.