RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema :
Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara
membacanya.
|
3.2.9
Menentukan nilai tempat satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua
angka (11 sampai 20) dengan batuan benda konkret
|
4.2 Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu
kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
|
4.2.2 Menuliskan
bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) sesuai dengan nilai tempat.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
3.8.7 Menunjukkan ungkapan perintah lisan atau
tulis dengan tepat
|
4.8 Mengucapkan
ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan
tulisan
|
4.8.7 Menggunakan ungkapan perintah lisan atau tulis
dengan tepat
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2
Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang
hari yang sesuai aturan di rumah
|
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
|
4.2.40 Menerapkan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di
rumah
|
C. TUJUAN
- Melalui penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah yang menggunakan bahasa yang santun baik lisan atau tulis.
- Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan bahasa yang santun baik lisan atau tulis dengan tepat.
- Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
- Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah.
- Dengan menyimak penjelasan guru menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa mampu mengidentifikasi nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
- Dengan menggunakan papan tabel nilai tempat siswa mampu menentukan nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20 dan menuliskannya dengan benar.
D. MATERI
- Ungkapan perintah melalui permainan peran.
- Bercerita tentang kegiatan-kegiatan siang hari.
- Menentukan nilai tempat bilangan 11 – 20 dan menulisnya dengan benar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah