RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.6 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan
kosa kata yang berhubungan dengan siang hari
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.6 Menyusun kalimat dari kosa kata
terkait dengan kegiatan siang hari
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
|
3.3.2
Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
|
4.3
Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari
|
4.3.2
Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak
tari
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
33.2
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.3 Menjelaskan prosedur gerakan menendang
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.3 Mempraktikkan gerakan menendang sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan
atau tradisional
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak menendang sebagai bagian dari gerak manipulatif dengan tepat.
- Melalui permainan kasti siswa mampu mempraktikkan gerakan menendang sebagai bagian dari gerakan manipulatif dengan benar.
- Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan siang hari
- Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan siang hari.
- Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak lemah pada suatu tari dengan tepat.
- Melalui gerak dan lagu siswa mampu memeragakan gerak lemah dalam sebuah tari.
D. MATERI
Gerakan manipulatif dan merangkai kalimat melalui
permainan.
Gerak lemah dalam sebuah tari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah