Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Siang Hari Pembelajaran ke 4




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                   :  4
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.6 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.6 Menyusun kalimat dari kosa kata
terkait dengan kegiatan siang hari

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3    Memahami gerak anggota tubuh melalui tari

3.3.2  Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

4.3    Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari

4.3.2  Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari


Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
33.2  Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional


3.3.3 Menjelaskan prosedur gerakan menendang sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3  Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.3.3 Mempraktikkan gerakan menendang sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan sederhana dan atau tradisional


C.   TUJUAN
  1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak menendang sebagai bagian dari gerak manipulatif dengan tepat.
  2. Melalui permainan kasti siswa mampu mempraktikkan gerakan menendang sebagai bagian dari gerakan manipulatif dengan benar.
  3. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan siang hari
  4. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan siang hari.
  5. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak lemah pada suatu tari dengan tepat.
  6. Melalui gerak dan lagu  siswa mampu memeragakan gerak lemah dalam sebuah tari.

D.   MATERI
Gerakan manipulatif dan merangkai kalimat melalui permainan.
Gerak lemah dalam sebuah tari.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/yreda

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.