RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.6
Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan
dengan siang hari
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.6
Menentukan kosa kata terkait siang hari yang tepat untuk melengkapi
kalimat
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2
Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
12.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2
Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.4
Mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai aturan
di rumah
|
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
|
4.2.4 Menerapkan
kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
|
3.2.6 Membaca nama bilangan 11
sampai 20
|
4.2 Menuliskan lambang bilangan
sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan
ide nilai tempat
|
4.2.6 Menuliskan nama bilangan 11 sampai 20
|
C. TUJUAN
- Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
- Melalui bercerita siswa mampu menunjukkan kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
- Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
- Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
- Dengan memperhatikan contoh siswa mampu mengidentifikasi nama dan lambang bilangan 11 sampai dengan 20.
- Melalui lembar latihan soal siswa mampu menentukan nama bilangan sesuai dengan lambang bilangannya dengan tepat.
D. MATERI
Kebiasaan-kebiasaan di siang hari.
Menentukan nama bilangan 11 – 20 melalui latihan soal.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah