Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Siang Hari Pembelajaran ke 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                   :  3
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.6  Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.6   Menentukan kosa kata terkait siang hari yang tepat untuk melengkapi kalimat



Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

12.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.4   Mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai aturan di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.4  Menerapkan kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah



Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.2   Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

3.2.6  Membaca nama bilangan 11 sampai 20

4.2   Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

4.2.6 Menuliskan nama bilangan 11 sampai 20

C.   TUJUAN
  1. Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
  2. Melalui bercerita siswa mampu menunjukkan kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
  3. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
  4. Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
  5. Dengan memperhatikan contoh siswa mampu mengidentifikasi nama dan lambang bilangan 11 sampai dengan 20.
  6. Melalui lembar latihan soal siswa mampu menentukan nama bilangan sesuai dengan lambang bilangannya dengan tepat.

D.   MATERI
Kebiasaan-kebiasaan di siang hari.
Menentukan nama bilangan 11 – 20 melalui latihan soal.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/nZn0g

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.