Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Sore Hari Pembelajaran ke 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
 Tema                                     :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke                   :  6
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.1 Menerapkan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.41 Mengidentifikasi kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.41 Menunjukkan kegiatan sore hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah



Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)


3.7.8 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
4.7.8 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita


Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3   Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

3.3.6  Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)
4.3   Mengurutkan bilangan-bilangan  sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

4.3.6  Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11 sampai 20

C.   TUJUAN
  • Melalui tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
  • Dengan menulis cerita, siswa mampu menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita
  • Melalui tanya jawab dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
  • Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
  • Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)
  • Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11 sampai 20.

D.   MATERI
Tanya jawab dan menulis cerita tentang kegiatan sore hari di rumah.
Membilang dua bilangan.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/QGin8

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.