RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2.1 Menerapkan perbuatan yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2 Memahami aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.41 Mengidentifikasi kegiatan sore hari yang
sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
|
4.2.41 Menunjukkan kegiatan sore hari sesuai dengan
aturan yang berlaku di rumah
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.8 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan
kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan
malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.8 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari
dalam menyusun kalimat/cerita
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.6
Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari,
atau sama dengan (11 sampai 20)
|
4.3 Mengurutkan
bilangan-bilangan sampai dua angka
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret
|
4.3.6
Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara
tepat pada bilangan 11 sampai 20
|
C. TUJUAN
- Melalui tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
- Dengan menulis cerita, siswa mampu menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita
- Melalui tanya jawab dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
- Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
- Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)
- Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11 sampai 20.
D. MATERI
Tanya jawab dan menulis cerita tentang kegiatan sore hari
di rumah.
Membilang dua bilangan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah