RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
3.3.4
Menjelaskan prosedur gerakan menangkap sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dengan permainan sederhana dan atau
tradisional
|
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
4.3.4
Mempraktikkan gerakan menangkap sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dengan permainan sederhana dan atau tradisional
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7. 7 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan
sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai
gambar
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.7 Menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan
sore hari dengan benar.
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak penjelasan dan
contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan menangkap
dengan tepat.
2. Melalui kegiatan praktik siswa
mampu melakukan gerakan menangkap dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab siswa mampu
menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari dengan lafal dan ejaan
yang tepat.
4. Dengan menggunakan kartu-kartu
huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan sore hari dengan
tepat.
D. MATERI
Prosedur gerakan menangkap.
Menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari
melalui tanya jawab.
Menyusun kata-kata yang berhubungan sore hari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah