Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Sore Hari Pembelajaran ke 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                                          :  Kegiatan Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke                   :  1
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI DAN INDIKATOR
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7. 7 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
4.7.7  Membaca/menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.1   Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.1.9   Mengidentifikasi kolase dari kertas sebagai karya ekspresi 2 dimensi (meliputi ide, tema, obyek, komposisi, alat, dan bahan)

3.1.10  Mengidentifikasi cara pembuatan kolase dari kertas.

4.1   Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

4.1.9      Merancang karya kolase meliputi menentuka  ide, tema, dan obyek, serta menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

4.1.10  Membuat karya kolase dari kertas sesuai ide, tema, obyek yang telah dipilih/ditentukan dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan




Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.1 Menerapkan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.41  Mengidentifikasi kebiasaan yang baik dilakukan pada sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.41  Menunjukkan perilaku yang baik di sore hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

C.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan sore hari dengan tepat
2.    Dengan permainan mencari kata pada tabel huruf siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat.
3.    Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.    Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.    Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
6.    Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
7.    Dengan arahan guru, siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
8.    Setelah merancang, siswa mampu membuat karya kolase berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.

D.   MATERI
Kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan mewnyimak gambar dan permianan.
Diskusi dan bercerita tentang kegiatan-kegiatan sore hari.
Pembuatan karya kolase.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example 
      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/NORCo

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.