RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Sore Hari (Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI DAN INDIKATOR
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7. 7 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan
sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai
gambar.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.7
Membaca/menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari
dengan benar.
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
3.1.9
Mengidentifikasi kolase dari kertas sebagai karya ekspresi 2 dimensi
(meliputi ide, tema, obyek, komposisi, alat, dan bahan)
3.1.10
Mengidentifikasi cara pembuatan kolase dari kertas.
|
4.1 Membuat
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
4.1.9 Merancang
karya kolase meliputi menentuka ide,
tema, dan obyek, serta menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
4.1.10 Membuat
karya kolase dari kertas sesuai ide, tema, obyek yang telah
dipilih/ditentukan dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan
|
Muatan:
PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
3.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2.1 Menerapkan
perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.41 Mengidentifikasi kebiasaan yang baik
dilakukan pada sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2 Melakukan perbuatan yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.41 Menunjukkan perilaku yang baik di sore hari
sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
|
C. TUJUAN
1. Dengan menyimak gambar dan teks
yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang
kegiatan sore hari dengan tepat
2. Dengan permainan mencari kata
pada tabel huruf siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari
dengan tepat.
3. Melalui diskusi siswa mampu
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di
rumah.
4. Dengan bercerita siswa mampu
menunjukkan kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
5. Dengan memperhatikan contoh
yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya
seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
6. Dengan memperhatikan penjelasan
guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
7. Dengan arahan guru, siswa mampu
merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
8. Setelah merancang, siswa mampu
membuat karya kolase berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
D. MATERI
Kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan mewnyimak
gambar dan permianan.
Diskusi dan bercerita tentang kegiatan-kegiatan sore
hari.
Pembuatan karya kolase.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah