Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  1
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.9  Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.9  Membaca dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita



Muatan : SBdP

Kompetensi
Indikator
3. 4   Memahami bahan alam dalam berkarya

3.4.1 Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan (biji-bijian) dalam membuat karya kerajinan

4.4   Membuat karya dari bahan alam
4.4.1 Membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan (biji-bijian)


Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1  Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.3 Mengidentifikasi kebiasaan yang baik dilakukan pada malam hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

4.2   Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.3 Menunjukkan perilaku yang baik di malam hari sesuai dengan aturan yang
berlaku di rumah


C.   TUJUAN
  • Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan malam hari dengan tepat
  • Dengan menceritakan kembali siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
  • Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
  • Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
  • Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
  • Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam dalam membuat karya kerajinan.
  • Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan alam (biji-bijian)
  • Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan biji-bijian berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.

D.   MATERI
Kegiatan di malam hari.
Kolase dua dimensi dari bahan alam (biji-bijian).

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/wBXQq

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.