RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.9
Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.9 Membaca
dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3. 4
Memahami bahan alam dalam berkarya
|
3.4.1 Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan
(biji-bijian) dalam membuat karya kerajinan
|
4.4 Membuat
karya dari bahan alam
|
4.4.1 Membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan
bagian-bagian tumbuhan (biji-bijian)
|
Muatan
: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa
2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
3.2.3 Mengidentifikasi
kebiasaan yang baik dilakukan pada malam hari yang sesuai dengan aturan yang
berlaku di rumah
|
4.2 Melakukan perbuatan yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.3 Menunjukkan perilaku
yang baik di malam hari sesuai dengan aturan yang
berlaku di rumah
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan malam hari dengan tepat
- Dengan menceritakan kembali siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
- Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
- Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
- Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
- Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam dalam membuat karya kerajinan.
- Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan alam (biji-bijian)
- Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan biji-bijian berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
D. MATERI
Kegiatan di malam hari.
Kolase dua dimensi dari bahan alam (biji-bijian).
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah