Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  5
Alokasi waktu                        :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.3  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

3.4.10  Mengidentifikasi masalah sehari-
hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 11 sampai dengan 20)

3.4.14 Melakukan pengurangan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.

3.1.9  Mengenal bilangan nol (0)

4.4   Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

4.4.2  Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan



C.   TUJUAN
  • Melalui pengamatan siswa mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 11 sampai dengan 20)
  • Melalui contoh guru  siswa mampu melakukan pengurangan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
  • Dengan menyimak penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi  bilangan nol (0) dengan benar.
  • Melalui latihan soal siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan tepat.
  • Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan malam hari.
  • Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang berhubungan dengan malam hari.

D.   MATERI
  • Pengurangan bilangan 11 – 20
  • Bilangan nol (0).
  • Membuat cerita yang berhubungan dengan malam hari

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/ocWmK


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.