RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM
2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.4.10 Mengidentifikasi masalah
sehari-
hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 11
sampai dengan 20)
3.4.14 Melakukan pengurangan dua bilangan
dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda
konkret.
3.1.9
Mengenal bilangan nol (0)
|
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99
|
4.4.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan
|
C. TUJUAN
- Melalui pengamatan siswa mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 11 sampai dengan 20)
- Melalui contoh guru siswa mampu melakukan pengurangan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
- Dengan menyimak penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi bilangan nol (0) dengan benar.
- Melalui latihan soal siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan tepat.
- Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan malam hari.
- Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang berhubungan dengan malam hari.
D. MATERI
- Pengurangan bilangan 11 – 20
- Bilangan nol (0).
- Membuat cerita yang berhubungan dengan malam hari
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah