RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Kegiatanku (Tema 3)
Sub
Tema : Kegiatan
Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.1
Mematuhi aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.3
Mengidentifikasi kegiatan malam hari yang sesuai aturan di rumah
|
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
|
4.2.3
Menunjukkan kebiasaan di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
lagu)
|
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang
menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
|
4.7 Menjelaskan
kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar
|
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam
hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1 Menyebutkan penjumlahan dan pengurangan bilangan
yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99
|
4.4.1
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan
4.4.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan
|
C. TUJUAN
- Melalui arahan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata terkait kegiatan malam hari dengan tepat
- Dengan membuat narasi siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari menjadi suatu cerita narasi.
- Dengan bermain peran siswa mampu mengidentifikasi kegiatan malam hari yang sesuai aturan di rumah
- Dengan bermain peran siswa mampu menunjukkan kebiasaan di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah
- Dengan mengerjakan soal cerita siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
- Dengan mengerjakan soal cerita siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan.
D. MATERI
- Membuat narasi dan bermain peran terkait dengan kegiatan malam hari.
- Soal cerita yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah