Free RPP Kelas I Tema Kegiatanku Subtema Kegiatan Malam Hari Pembelajaran ke 6




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   :  1 /1
Tema                                      :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                              :  Kegiatan Malam Hari (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                   :  6
Alokasi waktu                       :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn
Kompetensi
Indikator
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2.1  Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.3  Mengidentifikasi kegiatan malam hari yang sesuai aturan di rumah

4.2   Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.3  Menunjukkan kebiasaan di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.7   Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita





Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

3.3.1 Menyebutkan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4   Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

4.4.1  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan

4.4.2  Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan


C.   TUJUAN
  • Melalui arahan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata terkait kegiatan malam hari dengan tepat
  • Dengan membuat narasi siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari menjadi suatu cerita narasi.
  • Dengan bermain peran siswa mampu mengidentifikasi kegiatan malam hari yang sesuai aturan di rumah
  • Dengan bermain peran siswa mampu menunjukkan  kebiasaan di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah
  • Dengan mengerjakan soal cerita siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
  • Dengan mengerjakan soal cerita siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan.

D.   MATERI
  • Membuat narasi dan bermain peran terkait dengan kegiatan malam hari.
  • Soal cerita yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/GrTOe

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.