RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan
perkenalan keluarga inti lisan atau
tulisan.
3.9.4 Menunjukkan penggunaan kosakata dan
ungkapan perkenalan keluarga inti dalam suatu kalimat .
|
4.9
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan.
|
4.9.3 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota
keluarga inti dari gambar/foto yang dibawa siswa, secara lisan.
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Memahami elemen musik melalui lagu
|
3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
|
4.2.4 Memeragakan tinggi rendah suara
|
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
|
1.1.1 Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
|
2.1 Bersikap
santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Memilih sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya
diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.4 Menyebutkan
rumusan sila pertama Pancasila.
|
4.1 Melakukan
kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.6 Mengucapkan syukur kepada Tuhan YME atas nikmat
yang diterimanya.
|
C. TUJUAN
- Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.
- Melalui kegiatan diskusi, siwa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
- Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
- Dengan arahan guru, siswa dapat mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.
D. MATERI
1.
Bernyanyi
dan menjelaskan isi lagu.
2.
Memperkenalkan
diri.
3.
Sila
pertama dalam Pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah