Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9  Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti lisan  atau tulisan.

3.9.4 Menunjukkan penggunaan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti dalam suatu kalimat .

4.9  Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.

4.9.3 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto yang dibawa siswa, secara lisan.


Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.2  Memahami elemen musik melalui lagu

3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu

4.2.4 Memeragakan tinggi rendah suara

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.1  Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.1.1 Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.1   Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1 Memilih sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.4 Menyebutkan    rumusan sila pertama Pancasila.
4.1  Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.6 Mengucapkan syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang diterimanya.
C.   TUJUAN
  • Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.
  • Melalui kegiatan diskusi, siwa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
  • Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
  • Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.
  • Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
  • Dengan arahan guru, siswa dapat mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.

D.   MATERI
1.    Bernyanyi dan menjelaskan isi lagu.
2.    Memperkenalkan diri.
3.    Sila pertama dalam Pancasila.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/RvQKC

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.