RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan
melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
|
3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang
hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
|
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan
tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan
silsilah.
|
4.10.2 Menjawab pertanyaan tentang nama ayah, ibu dan
kakak atau adik.
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan
satu arah
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu
arah.
|
C. TUJUAN
- Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
- Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah secara berkelompok dengan penuh kerjasama.
- Melalui kegiatan mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah, siswa dapat memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.
D. MATERI
Kerjasama dalam gerakan berjalan satu arah.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah