RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan
melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
|
3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang
hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
|
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan
tentang hubungan kekeluargaan dengan
menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.
|
4.10.3 Bercerita tentang keluarga dengan kosakata
kekeluargaan.
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Memahami elemen musik melalui lagu
|
3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
|
4.2.4 Memeragakan tinggi rendahsuara
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah
|
4.1
Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu
arah.
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan percaya diri.
- Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.
D. MATERI
§ Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan memperhatikan
tinggi rendah suara.
§ Prosedur berjalan satu arah.
§ Menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah