Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  4
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan  kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.

4.10.3  Bercerita tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.2  Memahami elemen musik melalui lagu

3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu

4.2.4 Memeragakan tinggi rendahsuara

Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.1  Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah
4.1  Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah.



C.   TUJUAN
  1. Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
  2. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
  3. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan percaya diri.
  4. Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.

D.   MATERI
§  Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan memperhatikan tinggi rendah suara.
§  Prosedur berjalan satu arah.
§  Menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/coVhQ

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.