Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 3




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  3
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9. Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti lisan  atau tulisan dengan tepat.
4.9. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
4.9.4 Memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku, secara tertulis.

Muatan: PPKn
1.1  Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.1.1 Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.1   Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1 Memilih sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.4 Menyebutkan    rumusan sila pertama Pancasila.
4.1  Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.6 Mengucapkan syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang diterimanya.

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.

4.6.2 Menjiplak bentuk bangun datar.

C.   TUJUAN
  • Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
  • Dengan mengamati gambar berbentuk bangun datar, siswa dapat menjiplak bangun datar berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
  • Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan bentuk bangun datar dan bukan bangun datar dengan teliti.
  • Dengan mengamati benda-benda di sekitar lingkungan kelas, siswa dapat menyebutkan benda-benda konkrit yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
  • Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
  • Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

D.   MATERI
§  Membedakan bangun datar dengan bukan bangun datar.
§  Simbol-simbol sila Pancasila.
§  Cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/1oL5l

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.