RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9. Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan
perkenalan keluarga inti lisan atau
tulisan dengan tepat.
|
4.9. Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
tulisan.
|
4.9.4
Memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto anggota keluarga yang
ditempel pada buku, secara tertulis.
|
Muatan: PPKn
1.1 Mensyukuri
ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
|
1.1.1 Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
|
2.1 Bersikap
santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Memilih sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya
diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.4 Menyebutkan
rumusan sila pertama Pancasila.
|
4.1 Melakukan
kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.6 Mengucapkan syukur kepada Tuhan YME atas nikmat
yang diterimanya.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
|
3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
segiempat, segitiga dan lingkaran.
|
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
|
4.6.2 Menjiplak
bentuk bangun datar.
|
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
- Dengan mengamati gambar berbentuk bangun datar, siswa dapat menjiplak bangun datar berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan bentuk bangun datar dan bukan bangun datar dengan teliti.
- Dengan mengamati benda-benda di sekitar lingkungan kelas, siswa dapat menyebutkan benda-benda konkrit yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
- Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
- Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.
D. MATERI
§ Membedakan bangun datar dengan bukan bangun datar.
§ Simbol-simbol sila Pancasila.
§ Cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah