RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan
melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
|
3.10.1 Menyebutkan kosakata kekeluargaan sesuai
gambar yang ditunjuk dari bagan silsilah kekeluargaan.
3.10.2 Menjelaskan makna kosakata tentang
hubungan kekeluargaan dengan tepat
|
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan
tentang hubungan kekeluargaan dengan
menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.
|
4.10.1 Menjawab
pertanyaan teman tentang nama-nama terkait kosakata kekeluargaan (siapa nama
ayah, nama ibu, dan kakak atau adik).
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
|
3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
segiempat, segitiga dan lingkaran.
|
4.6.
Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai
benda konkrit.
|
4.6.2 Menjiplak
bentuk bangun datar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati bangun datar, siswa dapat menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
- Dengan mengamati contoh bagan silsilah keluarga, siswa dapat membuat bagan silisilah keluarga dari bentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat dengan teliti.
- Dengan menggunakan bagan silsilah keluarga yang dibuat, siswa dapat menceritakan anggota keluarga dengan percaya diri.
- Melalui tanya jawab dan kerjasama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.
D. MATERI
·
Segiempat,
segitiga, dan lingkaran.
·
Bercerita
tentang anggota keluarga.
·
Tanya
jawab dan kerjasama dengan teman.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah