Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  5
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

3.10.1 Menyebutkan kosakata kekeluargaan sesuai gambar yang ditunjuk dari bagan silsilah kekeluargaan.

3.10.2 Menjelaskan makna kosakata tentang hubungan kekeluargaan dengan tepat

4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan  kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.

4.10.1 Menjawab pertanyaan teman tentang nama-nama terkait kosakata kekeluargaan (siapa nama ayah, nama ibu, dan kakak atau adik).

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.

3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.

4.6.2 Menjiplak bentuk bangun datar.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati bangun datar, siswa dapat menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
  2. Dengan mengamati contoh bagan silsilah keluarga, siswa dapat membuat bagan silisilah keluarga dari bentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat dengan teliti.
  3. Dengan menggunakan bagan silsilah keluarga yang dibuat, siswa dapat menceritakan anggota keluarga dengan percaya diri.
  4. Melalui tanya jawab dan kerjasama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.



D.   MATERI
·         Segiempat, segitiga, dan lingkaran.
·         Bercerita tentang anggota keluarga.
·         Tanya jawab dan kerjasama dengan teman.

E.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/jFk3s

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.