Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Kebersamaan Dalam Keluarga Pembelajaran ke 2



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                     :  2
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1. Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.

3.8.3 Menunujukkan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menunjukkan kosa kata ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
  2. Dengan mengamati gambar siswa mampu menunjukkan kosa kata ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
  3. Dengan melihat contoh bermain balap engklek (lompat dengan satu kaki), siswa mampu mengetahui prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
  4. Dengan melihat contoh, siswa dapat melakukan gerakan loncat dalam permainan lomba balap engklek (lompat dengan satu kaki) dengan baik dan benar.

D.   MATERI
  • Ungkapan terima kasih dan permintaan tolong.
  • Bermain balap engklek.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/ZFHMj

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.