(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.
|
3.8.3 Menunujukkan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat.
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian,
dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan
tulis.
|
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong
lisan atau tulis dengan tepat.
|
C. TUJUAN
- Dengan mengamati gambar, siswa mampu menunjukkan kosa kata ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
- Dengan mengamati gambar siswa mampu menunjukkan kosa kata ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
- Dengan melihat contoh bermain balap engklek (lompat dengan satu kaki), siswa mampu mengetahui prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
- Dengan melihat contoh, siswa dapat melakukan gerakan loncat dalam permainan lomba balap engklek (lompat dengan satu kaki) dengan baik dan benar.
D. MATERI
- Ungkapan terima kasih dan permintaan tolong.
- Bermain balap engklek.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah