(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku
menggunakan benda/situasi konkret.
|
3.8.2 Membandingkan lebih dari dua objek
benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari (paling berat,
ringa).
|
4.8
Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
4.9.2 Mengurutkan benda berdasarkan berat benda
( lebih ringan, lebih berat).
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman karakteristik
individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2.41 Menuliskan hal-hal yang harus dilakukan
dalam hubungannya dengan kebersihan rumah.
|
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.41 Menggunakan sandal ketika keluar rumah.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun
secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.8. Menunjukan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat.
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis.
|
4.8.1 Menggunakan ungkapan pujian atau tulisan dengan tepat.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks bergambar, siswa mampu menunjukkan ungkapan terima kasih dengan baik.
- Dengan mengisi latihan di buku siswa mengenai berat benda dengan satuan tidak baku, maka siswa mampu membandingkan lebih dari dua objek benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari (paling berat, ringan) dengan baik.
- Dengan mengisi latihan di buku siswa, siswa mampu mengurutkan benda berdasarkan berat benda ( lebih ringan, lebih berat) dengan baik
- Dengan mendata teman dalam membantu orang tua membersihkan rumah, siswa mampu menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan mengerjakan latihan di buku siswa mengenai penggunaan alas kaki, siswa akan mampu mengunakan alas kaki dalam kegiatan di luar rumah dengan baik dan benar.
D. MATERI
- Ungkapan terima kasih.
- Berat benda dengan satuan tidak baku.
- Kebersihan rumah.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah