(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
Memahami bahan alam dalam berkarya.
|
3.4.2 Mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari
makhluk dalam membuat karya kerajinan
(bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce
biji tanaman)
|
4.4
Membuat karya dari bahan alam
|
4.4.2 Membuat karya kerajinan dengan
memanfaatkan bagian-bagain dari makhluk hidup
(bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau
meronce biji tanaman).
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun
secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.
|
3.8. Menunjukan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis.
|
4.8.1 Menggunakan ungkapan pujian atau tulisan
dengan tepat
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.40 Mengali informasi tentang hal-hal yang
harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.40 Membuang sampah pada tempat yang telah
disediakan
|
C. TUJUAN
- Dengan mendengar cerita guru, siswa mampu bersyukur memiliki keluarga dengan baik.
- Dengan mengerjakan latihan di buku siswa, siswa mampu mengenal ungkapan terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
- Dengan menyanyikan lagu kasih ibu, siswa mampu mengungkapkan ungkapan pujian baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
- Dengan meronce, siswa mampu mengkreasikan hasil alam yaitu biji atau kerang dengan baik dan memiliki nilai keindahan.
- Dengan memilih gambar yang menunjukan kegiatan membersihkan rumah, siswa dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah dengan baik.
- Dengan membuat daftar piket di kelas, siswa mampu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.
D. MATERI
- Mendengarkan cerita.
- Ungkapan terima kasih dan pujian melalui lagu Kasih Ibu.
- Meronce dari biji atau kerang.
- Kebersihan lingkungan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah