Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Kebersamaan Dalam Keluarga Pembelajaran ke 1



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                     :  1
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.4  Memahami bahan alam dalam berkarya.

3.4.2 Mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari makhluk  dalam membuat karya kerajinan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman)

4.4  Membuat karya dari bahan alam
4.4.2 Membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagain dari makhluk hidup  (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman).


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8  Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.

3.8. Menunjukan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

4.8.1 Menggunakan ungkapan pujian atau tulisan dengan tepat

Muatan: PPKn
Kompetensi
Indikator
1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.

1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa


2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah

3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.40 Mengali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah rumah

4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.40 Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan

C.   TUJUAN
  1. Dengan mendengar cerita guru, siswa mampu bersyukur memiliki keluarga dengan baik.
  2. Dengan mengerjakan latihan di buku siswa, siswa mampu mengenal ungkapan terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
  3. Dengan menyanyikan lagu kasih ibu, siswa mampu mengungkapkan ungkapan pujian baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
  4. Dengan meronce, siswa mampu mengkreasikan hasil alam yaitu biji atau kerang dengan baik dan memiliki nilai keindahan.
  5. Dengan memilih gambar yang menunjukan kegiatan membersihkan rumah, siswa dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah dengan baik.
  6. Dengan membuat daftar piket di kelas, siswa mampu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.

D.   MATERI
  • Mendengarkan cerita.
  • Ungkapan terima kasih dan pujian melalui lagu Kasih Ibu.
  • Meronce dari biji atau kerang.
  • Kebersihan lingkungan.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/fcvFs

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.