(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.8.3 Menunjukkan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat.
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis.
|
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong
lisan atau tulis dengan tepat.
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
Memahami bahan alam dalam berkarya.
|
3.4.2 Mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari
makhluk dalam membuat karya kerajinan
(bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce
biji tanaman).
|
4.4
Membuat karya dari bahan
|
4.4.2 Membuat karya kerajinan dengan
memanfaatkan bagian-bagain dari makhluk hidup
(bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau
meronce biji tanaman).
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
C. TUJUAN
1. Dengan membuat bingkai foto
dari hasil alam, siwa mampu mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari makhluk
dalam membuat karya kerajinan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng
dari bulu ayam atau meronce biji tanaman) dengan baik.
2. Dengan membuat bingkai foto
yang dicontohkan guru, siswa dapat membuat karya seni memanfaatkan
bagian-bagian dari makhluk hidup dengan baik.
3. Dengan memasangkan gambar dan
ungkapan yang tepat, siswa mampu menunjukkan ucapan terima kasih dan permintaan
tolong menggunakan kalimat yang baik dan benar.
4. Dengan memasangkan gambar dan
ungkapan yang tepat, siswa mampu menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan
atau tulis dengan tepat.
5. Dengan bermain lompat katak, siswa mampu melakukan gerakan
melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan baik.
6. Dengan bermain lompat katak yang terlebih dahulu
dicontohkan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu
arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
D. MATERI
- Membuat karya kerajinan dari hasil alam.
- Memasangkan gambar dan ungkapan ucapan terima kasih dan permintaan tolong.
- Bermain lompat katak.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah