Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Kebersamaan Dalam Keluarga Pembelajaran ke 4



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                     :  4
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8  Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.8.3 Menunjukkan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.
Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.4  Memahami bahan alam dalam berkarya.

3.4.2 Mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari makhluk  dalam membuat karya kerajinan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman).

4.4  Membuat karya dari bahan
4.4.2 Membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagain dari makhluk hidup  (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman).


Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan   pola    gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

C.   TUJUAN
1.    Dengan membuat bingkai foto dari hasil alam, siwa mampu mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari makhluk dalam membuat karya kerajinan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman) dengan baik.
2.    Dengan membuat bingkai foto yang dicontohkan guru, siswa dapat membuat karya seni memanfaatkan bagian-bagian dari makhluk hidup dengan baik.
3.    Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa mampu menunjukkan ucapan terima kasih dan permintaan tolong menggunakan kalimat yang baik dan benar.
4.    Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa mampu menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.
5.    Dengan  bermain lompat katak, siswa mampu melakukan gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan baik.
6.    Dengan  bermain lompat katak yang terlebih dahulu dicontohkan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

D.   MATERI
  • Membuat karya kerajinan dari hasil alam.
  • Memasangkan gambar dan ungkapan ucapan terima kasih dan permintaan tolong.
  • Bermain lompat katak.


E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/5On3u

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.