(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Anggota
Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan
melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
|
3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang
hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
|
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan
tentang hubungan kekeluargaan dengan
menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.
|
4.10.3 Bercerita
tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
|
3.6.3. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
segiempat, segitiga dan lingkaran.
|
4.6.
Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai
benda konkrit.
|
4.6.2.Menjiplak bentuk bangun datar.
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
|
1.1.1 Menganut simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
|
2.1 Bersikap
santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” di rumah
|
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.5 Menyebutkan simbol sila pertama
Pancasila.
|
4.1 Melakukan
kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1.5 Merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca nyaring dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.
- Dengan mengamati ilustrasi gambar, siswa dapat mengidentifikasi jenis permainan yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan teliti.
- Dengan mengamati ilustrasi gambar, siswa dapat mengelompokkan jenis permainan yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan teliti.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.
D. MATERI
·
Menceritakan
pengalaman bermain bersama keluarga.
·
Unsur
segitiga, segiempat, dan lingkaran melalui permainan.
·
Simbol
sila pertama Pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah