Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 6




 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                                :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  6
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan  kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.

4.10.3  Bercerita tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.

3.6.3. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.

4.6.2.Menjiplak bentuk bangun datar.

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.1  Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.1.1 Menganut simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.


2.1   Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1 Memilih sikap sesuai dengan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di rumah

3.1  Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.5 Menyebutkan simbol sila pertama Pancasila.
4.1  Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.5 Merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa.

C.   TUJUAN
  1. Dengan membaca nyaring dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.
  2. Dengan mengamati ilustrasi gambar, siswa dapat mengidentifikasi jenis permainan yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan teliti.
  3. Dengan mengamati ilustrasi gambar, siswa dapat mengelompokkan jenis permainan yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan teliti.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama Pancasila dengan benar.
  5. Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.

D.   MATERI
·         Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga.
·         Unsur segitiga, segiempat, dan lingkaran melalui permainan.
·         Simbol sila pertama Pancasila.

E.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/yWqFy

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.