Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Kebersamaan Dalam Keluarga Pembelajaran ke 6





 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                     :  6
Alokasi waktu                          :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.

3.8. Menunjukan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

4.8.1 Menggunakan ungkapan pujian atau tulisan dengan tepat.

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

3.2.41 Menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah.

4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.41 Menggunakan sandal ketika keluar rumah.

  Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.8  Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret.

3.8.2 Membandingkan lebih dari dua objek benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat, ringan).

4.8  Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku  dengan menggunakan benda/situasi konkret.
4.9.2 Mengurutkan benda berdasarkan berat benda ( lebih ringan, lebih berat).



C.   TUJUAN
1.    Dengan mengamati dan menjawab latihan soal di buku, siswa mampu membandingkan lebih dari dua objek benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat ) dengan baik .
2.    Dengan mengamati dan menjawab latihan soal di buku, siswa mampu mengurutkan benda berdasarkan berat benda ( lebih ringan, lebih berat ) dengan benar.
3.    Dengan menulis dikertas ( membuat poster ), siswa mampu benggunakan sandal ketika keluar rumah dengan benar.
4.    Dengan menulis tulisan dikertas ( membuat poster ) siswa mampu menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah dengan benar.
5.    Dengan bermain peran siswa menunjukan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
6.    Dengan bermain peran siswa menunjukan ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.

D.   MATERI
·         Mengurutkan benda dari yang paling ringan sampai yang paling berat.
·         Membuat poster.
·         Ungkapan terima kasih secara lisan dan tulisan.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/U5dhj

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.