(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun
secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah.
|
3.8. Menunjukan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat.
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis.
|
4.8.1 Menggunakan ungkapan pujian atau tulisan
dengan tepat.
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2.41 Menuliskan hal-hal yang harus dilakukan
dalam hubungannya dengan kebersihan rumah.
|
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.41 Menggunakan sandal ketika keluar rumah.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku
menggunakan benda/situasi konkret.
|
3.8.2 Membandingkan lebih dari dua objek
benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat,
ringan).
|
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam
satuan tidak baku dengan menggunakan
benda/situasi konkret.
|
4.9.2 Mengurutkan benda berdasarkan berat benda
( lebih ringan, lebih berat).
|
C. TUJUAN
1. Dengan mengamati dan menjawab
latihan soal di buku, siswa mampu membandingkan lebih dari dua objek
benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat )
dengan baik .
2. Dengan mengamati dan menjawab
latihan soal di buku, siswa mampu mengurutkan benda berdasarkan berat benda (
lebih ringan, lebih berat ) dengan benar.
3. Dengan menulis dikertas ( membuat
poster ), siswa mampu benggunakan sandal ketika keluar rumah dengan benar.
4. Dengan menulis tulisan dikertas
( membuat poster ) siswa mampu menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam
hubungannya dengan kebersihan rumah dengan benar.
5. Dengan bermain peran siswa
menunjukan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
6. Dengan bermain peran siswa
menunjukan ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.
D. MATERI
·
Mengurutkan
benda dari yang paling ringan sampai yang paling berat.
·
Membuat
poster.
·
Ungkapan
terima kasih secara lisan dan tulisan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah