(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1 Mendengarkan cerita guru tentang pengalaman masa kecil
4.4.1 Menceritakan secara lisan peristiwa masa kecil yang diingatnya
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Indikator
3.1.1 Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
4.1.1 Memasangkan simbolsimbol sila Pancasila dengan sila-sila pada
Pancasila
SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik
ritmis
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan
alat musik ritmis
Indikator
3.2.1 Membedakan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis
4.8.1 Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan menggunakan alat
musik ritmis
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Masa Kecil yang Menyenangkan
¡ Pengalaman
Menyanyikan Lagu Hari Merdeka