(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Kebersamaan
Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah,
|
3.8.3 Menunujukan ungkapan terima kasih lisan
atau tulis dengan tepat.
|
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis.
|
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong
lisan atau tulis dengan tepat.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku
menggunakan benda/situasi konkret.
|
3.8.2 Membandingkan lebih dari dua objek
benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat,
ringan).
|
4.8
Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
4.9.2 Mengurutkan benda berdasarkan berat benda
(lebih ringan, lebih berat).
|
C. TUJUAN
1. Dengan membaca ungkapan terima
kasih, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih benar.
2. Dengan latihan menulis ungkapan
permintaan tolong, siswa mampu menggunakan ungkapan permintaan tolong dengan
tepat.
3. Dengan membandingkan berat
mainan gambar di buku siswa, siswa mampu membandingkan lebih dua objek/situasi
konkret menggunakan kalimat sehari-hari (paling tinggi) dengan benar.
4. Dengan mengisi kegiatan latihan
soal mengenai berat benda pada latihan soal di buku siswa, siswa mampu
mengurutkan benda berdasarkan berat benda ( lebih ringan, lebih berat).
D. MATERI
- Membaca dan menulis ungkapan terima kasih dan permintaan tolong .
- Membandingkan dan mengurutkan berat benda.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah