Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Kebersamaan Dalam Keluarga Pembelajaran ke 5



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke                     :  5
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.8  Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahsa daerah,

3.8.3 Menunujukan ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.
4.8 Mengucapkan ungkapan tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
4.8.3 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.




Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.8  Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret.

3.8.2 Membandingkan lebih dari dua objek benda/situsi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari ( paling berat, ringan).

4.8  Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku  dengan menggunakan benda/situasi konkret.
4.9.2 Mengurutkan benda berdasarkan berat benda (lebih ringan, lebih berat).

C.   TUJUAN
1.    Dengan membaca ungkapan terima kasih, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih benar.
2.    Dengan latihan menulis ungkapan permintaan tolong, siswa mampu menggunakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
3.    Dengan membandingkan berat mainan gambar di buku siswa, siswa mampu membandingkan lebih dua objek/situasi konkret menggunakan kalimat sehari-hari (paling tinggi) dengan benar.
4.    Dengan mengisi kegiatan latihan soal mengenai berat benda pada latihan soal di buku siswa, siswa mampu mengurutkan benda berdasarkan berat benda ( lebih ringan, lebih berat).

D.   MATERI
  • Membaca dan menulis ungkapan terima kasih dan permintaan tolong .
  • Membandingkan dan mengurutkan berat benda.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/Sd0SX

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.