(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga
Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.6 Menunjukkan penggunaan kosa kata dan
ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan dalam tulis
|
4.9.6
Memperkenalkan anggota keluarga besar
secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku
siswa. Memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto
anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa.
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.
Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
4.1.3
Mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
C. TUJUAN
1. Dengan melihat contoh dari
guru, siswa dapat bermain loncat tali dengan baik sehingga siswa mampu
mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
2. Dengan bermain lompat tali
siswa mampu menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional dengar benar.
3. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon
silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan
kosa kata yang baik dan benar.
4. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon
silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara
tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta
mampu memperkenalkan anggota keluarga
besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel
pada buku siswa dengan baik dan benar.
D. MATERI
·
Konsep
tubuh, ruang, usaha melalui permainan sederhana atau tradisional.
·
Pohon silsilah
keluarga besarku.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah