Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 2




 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  2
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9  Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.6 Menunjukkan penggunaan kosa kata dan ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat
4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis

4.9.6 Memperkenalkan anggota keluarga  besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa. Memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa.
Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.1.  Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.  Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


C.   TUJUAN
1.    Dengan melihat contoh dari guru, siswa dapat bermain loncat tali dengan baik sehingga siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
2.    Dengan bermain lompat tali siswa mampu menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengar benar.
3.    Dengan  memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
4.    Dengan  memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga  besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.


D.   MATERI
·         Konsep tubuh, ruang, usaha melalui permainan sederhana atau tradisional.
·         Pohon silsilah keluarga besarku.


E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/TZovj

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.