(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga Besarku
(Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.5 Menunjukan kosa kata dan ungkapan
perkenalan keluarga besar lisan atau tulisan dengan tepat.
|
4.9
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan.
|
4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari
gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan.
|
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
3.1.13 Mengidentifikasi ciri-ciri gambar
sebagai karya ekspresi dua dimensi (meliputi ide/gagasan, tema, obyek, dan
komposisi bentuk dan warna)
|
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
|
4.1.10 Menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek
untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar
|
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu
di rumah
|
3.3.11 Menuliskan data tentang kedudukan
anggota di rumah
|
4.3
Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah
di rumah
|
4.3.11 Menceritakan pengalaman berkunjung ke kerabat
|
C. TUJUAN
- Dengan mengamati contoh guru membaca, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
- Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.
- Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
- Dengan membaca teks dan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga dirumah dengan benar.
- Dengan mengamat contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya didepan kelas dengan benar dan jelas .
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
- Dengan mengamati contoh gambar siswa mampu mengidentifikasi karya dua dimensi, kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.
- Dengan menggambar di buku siswa, siswa mampu menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.
D. MATERI
- Mengamati Anggota Keluarga Besarku.
- Karya dua dimensi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah