Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 1




 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  1
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9  Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.5 Menunjukan kosa kata dan ungkapan perkenalan keluarga besar lisan atau tulisan dengan tepat.
4.9  Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan.

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.1 Memahami karya  ekspresi dua dan tiga dimensi

3.1.13 Mengidentifikasi ciri-ciri gambar sebagai karya ekspresi dua dimensi (meliputi ide/gagasan, tema, obyek, dan komposisi bentuk dan warna)

4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1.10 Menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar


Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.

1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa


2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3.11 Menuliskan data tentang kedudukan anggota di rumah
4.3  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam  keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di rumah
4.3.11 Menceritakan pengalaman berkunjung ke kerabat

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati contoh guru membaca, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
  2. Dengan  mengamati gambar di buku  siswa,  siswa  dapat  memberikan tanggapan   dengan menggunakan bahasa yang santun.
  3. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
  4. Dengan membaca teks dan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
  5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga dirumah dengan benar.
  6. Dengan mengamat contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya didepan kelas dengan benar dan jelas .
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
  8. Dengan mengamati contoh gambar siswa mampu mengidentifikasi karya dua dimensi, kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.
  9. Dengan menggambar di buku siswa, siswa mampu menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.

D.   MATERI
  • Mengamati Anggota Keluarga Besarku.
  • Karya dua dimensi.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/fpUuN

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.