Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 3



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  3
Alokasi waktu                         :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.

1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3.10 Menggali data tentang kedudukan anggota keluarga di rumah
4.3  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam  keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di rumah
4.3.10 Menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.6 Menunjukkan penggunaan kosa kata dan ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis.
4.9.6 Memperkenalkan anggota keluarga  besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa. Memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa.


Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.8, Mengenal dan menentukkan panjang dan berat dengan satuan tidak baku mengunakan  benda/situasi konkret

3.8.1  Mengenal panjang suatu benda lalui kalimat sehari hari
4.8 Melakukan pengukuran  panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
4.8.1 mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku


C.   TUJUAN
1.    Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2.    Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3.    Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat mengukur panjang benda dengan alat ukur tidak baku, seperti menggunakan jengkal tangan dengan baik.
4.    Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari dengan baik.
5.    Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
6.    Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.

D.   MATERI
·         Bercerita Pengalaman Bersama Keluarga Besar.
·         Panjang Suatu Benda.
·         Pendataan Berdasarkan Kedudukan Keluarga Besar.

E.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/tr5Lb

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.