(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga Besarku
(Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan :
PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu
di rumah
|
3.3.10 Menggali data tentang kedudukan anggota
keluarga di rumah
|
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam
keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di rumah
|
4.3.10 Menceritakan pengalaman mendata anggota
keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.6 Menunjukkan penggunaan kosa kata dan
ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat
|
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang
tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis.
|
4.9.6 Memperkenalkan
anggota keluarga besar secara tertulis
dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa.
Memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto
anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8, Mengenal dan menentukkan panjang dan berat
dengan satuan tidak baku mengunakan
benda/situasi konkret
|
3.8.1
Mengenal panjang suatu benda lalui kalimat sehari hari
|
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku
dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
4.8.1 mengukur panjang benda dengan satuan
tidak baku
|
C. TUJUAN
1. Dengan membaca teks mengenai
keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya
serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar
dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat,
siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan
anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar
secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa
dengan benar.
3. Dengan memperhatikan contoh,
siswa dapat mengukur panjang benda dengan alat ukur tidak baku, seperti
menggunakan jengkal tangan dengan baik.
4. Dengan memperhatikan contoh,
siswa dapat mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari dengan
baik.
5. Dengan mengamati teks, siswa
dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
6. Dengan mengamati teks, siswa
dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan
kedudukannnya.
D. MATERI
·
Bercerita
Pengalaman Bersama Keluarga Besar.
·
Panjang
Suatu Benda.
·
Pendataan
Berdasarkan Kedudukan Keluarga Besar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah