Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 6



 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  6
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.

1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3.12 Menyebutkan kedudukan anggota keluarga berdasarkan kedudukannya.

4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam  keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di rumah
4.3.12 Menceritakan pengalaman beribadah bersama anggota keluarga.

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.5Menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan perkenalan keluarga besar lisan atau tulis dengan tepat.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis.

4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan.

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.8, Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku mengunakan  benda/situasi konkret.

3.14.1 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari (panjang pendek).
4.8 Melakukan pengukuran  panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.

4.11.1 Mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku.

C.   TUJUAN
1.    Dengan mengamati gambar dan contoh dari guru, siswa dapat  memperkenalkan saudaranya dan bercerita pengalaman bermain dengan saudaranya dengan baik dan benar.
2.    Dengan melakukan bermain peran keluarga, siswa dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.
3.    Dengan menyimak gambar, siswa dapat mengetahui mana yang tinggi, rendah, panjang dan pendek dengan baik.
4.    Dengan mengerjakan latihan di buku siswa, siswa mampu melakukan kegiatan mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan tepat.
5.    Dengan  menyimak gambar, siswa dapat  bercerita pengalamannya beribadah bersama keluarga dengan baik.
6.    Dengan menyimak gambar dan menjawab pertanyaan di buku siswa mengenai pengalaman beribadah dengan anggota keluarganya, siswa mampu menyebutkan kedudukan angota keluarga berdasarkan kedudukannya dengan baik.

D.   MATERI
  • Berlari Berkelompok sambil Bermain.
  • Diskusi tentang Pentingnya Kerja Sama.

E.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/LQghX

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.