(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga Besarku
(Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di rumah.
|
1.3.1 Meyakini karakteristik individu dalam kehidupan di rumah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Menampilkan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
|
2.3.1 Mengikuti keberagaman karakteristik
individu di rumah
|
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu
di rumah
|
3.3.12 Menyebutkan kedudukan anggota keluarga
berdasarkan kedudukannya.
|
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan
dalam keberagaman kehidupan
sehari-hari di rumah di rumah
|
4.3.12 Menceritakan pengalaman beribadah
bersama anggota keluarga.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.5Menunjukkan penggunaan kosa kata
perkenalan dan ungkapan perkenalan keluarga besar lisan atau tulis dengan
tepat.
|
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang
tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis.
|
4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota
keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan.
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8, Mengenal dan menentukan panjang dan berat
dengan satuan tidak baku mengunakan
benda/situasi konkret.
|
3.14.1 Mengenal panjang suatu benda melalui
kalimat sehari hari (panjang pendek).
|
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku
dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
4.11.1 Mengukur panjang benda dengan satuan
tidak baku.
|
C. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar dan
contoh dari guru, siswa dapat
memperkenalkan saudaranya dan bercerita pengalaman bermain dengan
saudaranya dengan baik dan benar.
2. Dengan melakukan bermain peran
keluarga, siswa dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.
3. Dengan menyimak gambar, siswa
dapat mengetahui mana yang tinggi, rendah, panjang dan pendek dengan baik.
4. Dengan mengerjakan latihan di
buku siswa, siswa mampu melakukan kegiatan mengukur panjang benda menggunakan
satuan tidak baku dengan tepat.
5. Dengan menyimak gambar, siswa dapat bercerita pengalamannya beribadah bersama
keluarga dengan baik.
6. Dengan menyimak gambar dan
menjawab pertanyaan di buku siswa mengenai pengalaman beribadah dengan anggota
keluarganya, siswa mampu menyebutkan kedudukan angota keluarga berdasarkan
kedudukannya dengan baik.
D. MATERI
- Berlari Berkelompok sambil Bermain.
- Diskusi tentang Pentingnya Kerja Sama.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah