Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 5




 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  5
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.5 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan keluarga besar lisan atau tulis dengan tepat.

4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan dalam tulis

4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan

Muatan: Matematika

Kompetensi
Indikator
3.8, Mengenal dan menentukkan panjang dan berat dengan satuan tidak baku mengunakan  benda/situasi konkret.

3.8.1 Mengenal panjang suatu benda lalui kalimat sehari hari.
4.8  Melakukan pengukuran  panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.

4.8.1 Mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku.


C.   TUJUAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
  2. Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.
  3. Dengan melakukan pengukuran panjang pada benda-benda di sekitar kelas dengan siswa mampu mengenal panjang suata benda melalui kalimat sehari-hari dengan baik.
  4. Dengan melakukan pengukuran berat pada benda-benda di sekitar kelas dengan alat dan satuan tidak baku siswa mampu menegetahui berat benda dan mengukur benda dengan alat dan satuan tidak baku dengan baik.


D.   MATERI
  • Membaca teks yang berhubungan dengan anggota keluarga.
  • Pengukuran.


E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/8W7zp

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.