(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga
Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.5 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan
perkenalan keluarga besar lisan atau tulis dengan tepat.
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan dalam tulis
|
4.9.5 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota
keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan
|
Muatan: Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8, Mengenal dan menentukkan panjang dan berat
dengan satuan tidak baku mengunakan
benda/situasi konkret.
|
3.8.1 Mengenal panjang suatu benda lalui
kalimat sehari hari.
|
4.8
Melakukan pengukuran panjang
dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
4.8.1 Mengukur panjang benda dengan satuan
tidak baku.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
- Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.
- Dengan melakukan pengukuran panjang pada benda-benda di sekitar kelas dengan siswa mampu mengenal panjang suata benda melalui kalimat sehari-hari dengan baik.
- Dengan melakukan pengukuran berat pada benda-benda di sekitar kelas dengan alat dan satuan tidak baku siswa mampu menegetahui berat benda dan mengukur benda dengan alat dan satuan tidak baku dengan baik.
D. MATERI
- Membaca teks yang berhubungan dengan anggota keluarga.
- Pengukuran.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah