(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema
4)
Sub Tema : Keluarga
Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami karya ekspresi dua dan
tiga dimensi.
|
3.1.14 Mengidentifikasi alat dan bahan yang
dapat digunakan membuat gambar ekspresi.
|
4.1
Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
|
4.1.11 Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
karya gambar ekspres.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.5Menunjukkan penggunaan kosa kata
perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara.
|
4.9.6. Memperkenalkan anggota keluarga
besarSecara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga Yang ditempel pada
buku siswa
|
Muatan: PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
C. TUJUAN
1. Dengan melakukan lompat
kelompok, siswa mampu menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah dengan
benar.
2. Dengan melakukan lompat
kelompok, siswa mampu mempraktikan
prosedur gerakan melompat satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
dengan benar.
3. Dengan memasangkan kosa kata
perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
4. Dengan mengisi kata perkenalan
yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan
kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
5. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang
benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat
gambar ekspresi dengan baik.
6. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang
benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
D. MATERI
- Melompat satu arah dalam bentuk permainan sederhana atau tradisional.
- Kalimat perkenalan.
- Gambar ekspresi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah