Free RPP Kelas I Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku Pembelajaran ke 4


 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                               :  Keluarga Besarku (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke                     :  4
Alokasi waktu                          :  1 Hari


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: SBdP

Kompetensi
Indikator
3.1   Memahami karya  ekspresi dua dan tiga dimensi.

3.1.14 Mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi.

4.1   Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1.11 Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspres.


Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.9  Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tingggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.5Menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat
4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara.
4.9.6. Memperkenalkan anggota keluarga besarSecara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga Yang ditempel pada buku siswa


Muatan: PJOK

Kompetensi
Indikator
3.1  Mengetahui    konsep    gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.3 Menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan   pola    gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1.3 Mempraktikkan prosedur gerakan melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

C.   TUJUAN
1.    Dengan melakukan lompat kelompok, siswa mampu menjelaskan prosedur gerakan melompat satu arah dengan benar.
2.    Dengan melakukan lompat kelompok, siswa mampu mempraktikan  prosedur gerakan melompat satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional dengan benar.
3.    Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
4.    Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
5.    Dengan  memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
6.    Dengan  memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.

D.   MATERI
  • Melompat satu arah dalam bentuk permainan sederhana atau tradisional.
  • Kalimat perkenalan.
  • Gambar ekspresi.

E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/UwYNx

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.